-->
  • Jelajahi

    Copyright © PASUNDAN POS | KRITIS, NASIONALIS, RELIGIUS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    PASUNDAN POS

    Bupati Karangasem Pantau Langsung Kebakaran Hutan Di Lereng Gunung Agung

    PASUNDANPOS.com
    Rabu, 27 September 2023, 21:42 WIB Last Updated 2023-09-27T14:42:51Z

    PASUNDAN POS | BALI — Bupati Karangasem I Gede Dana pantau langsung titik titik kebakaran di lereng Gunung Agung dari wilayah Banjar dinas Bantas Desa Baturinggit Kecamatan Kubu, Karangasem, Rabu tanggal (27/9/2023) tepat pukul 17.25 Wita.

    Giat pemantauan didampingi pula oleh Kapolres Karangasem AKBP. Ricko A. A. Taruna, S.H. S. IK. MH. MM. bersama rombongan BPBD Kabupaten Karangasem beserta PJU Polres Karangasem. Dimana pemantauan dilakukan di pada jarak 5 Km dari Titik Api tepatnya di Lereng Bukit Gunung Agung.

    Kehadiran Bupati dan Kapolres Karangasem disambut oleh Kapolsek Kubu AKP. Ida Bagus Astawa, SH. Dan anggota  Camat Kubu Perbekel Baturinggit serta warga masyarakat.

    "Kebakaran Hutan seperti ini sudah pernah terjadi hampir setiap tahun dan di lokasi yang saat ini terbakar juga pernah terjadi pada tahun 2012 silam," kata Bupati Karangasem I Gede Dana. Pihaknya juga menjelaskan kemungkinan kebakaran di sebabkan oleh adanya gesekan antar pohon di lereng gunung dengan cuaca panas di sertai angin kencang sehingga menimbulkan percikan api.

    "Kami menghimbau warga jika melakukan aktifitas di sekitar hutan agar waspada apabila ada menemukan titik api agar cepat di matikan supaya tidak meluas ke lahan dan kepemukiman penduduk," tandas Bupati Karangasem.

    Sementara, Kapolres Karangasem mengatakan jika upaya pemadaman tidak dapat dilakukan karena terkendala medan. "Kita sudah berusaha hadir melakukan upaya pemadaman  namun karna terkendala medan kita tidak bisa menjangkau lokasi, yang penting sudah melakukan upaya penyekatan dengan membuat sekat bakar antisipasi kebakaran meluas ke lahan atau perkebunan warga," katanya.

    Sementara, KRPH (Kepala Resort Pengelolaan Hutan) Kubu, I Nengah Murna menjelaskan  jika Lokasi Kebakaran  terjadi pada Lereng Hutan Lindung Gunung Abang Agung ( RTK 8 ) Agung pada ketinggian 2.600 MBPL dengan Kordinat Batas Pal B.551, Adapun yang terbakar lahan kering yang berisi  semak belukar.(ami/bk)
    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERKINI